You need to enable javaScript to run this app.

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)

Peterongan, 22 Oktober 2020. https://smpdu1.sch.id

Banyak Momen Penting di bulan Oktober, salah satunya Hari santri Nasional yang di peringati tanggal 22 Oktober 2020. Tentu, Banyak makna Yang bisa di ambil Dari momen tersebut. Salah satunya mendorong santri berdedikasi kepada Bangsa dan Negara.

Sejenak melihat latar belakang munculnya hari santri yang di tetapkan kali pertama pada tanggal 22 Oktober 2015. Kebijakan pemerintah ini mengenang Sejarah yang terjadi 75 Tahun yang lalu, Peristiwa penting yang termasuk Rangkaian Perjuangan Anak bangsa Melawan kolonialisme.

Disisi Yang lain, Bertepatan Dengan Hari Santri. SMP Darul Ulum 1 Unggulan Mengadakan Kegiatan Yakni PKKS ( Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ). Yakni kegiatan Yang bertujuan untuk meningkat standart yang di berlakukan oleh Kemdikbud Pusat.

Pada saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengembangkan pilar mutu pendidik dan tenaga kependidikan, yaitu Uji Kompetensi, Penilaian Kinerja, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.  Masalah utama kebijakan adalah   “Bagaimana meningkatkan mutu kepala sekolah melalui sistem rekrutmen dan pembinaan yang memenuhi standar agar  kompetensi dan kinerja profesional kepala sekolah memenuhi kebutuhan peningkatan mutu lulusan?”. Artinya,  kepala sekolah  mampu mewujudkan  keunggulan mutu lulusan sekolahnya.

Kepala sekolah yang profesional mampu merumuskan mutu lulusan yang ideal untuk satuan pendidikan yang dipimpinnnya. Dan, keunggulan profesinya ditentukan dengan kesanggupan untuk mewujudkan cita-cita terbaik sekolahya.

Untuk itu, setiap kepala sekolah harus memiliki keterampilan untuk  mendeskripsikan indikator dan kriteria mutu lulusan yang dicita-citakannya sebagai landasan pengembangan visi, misi, tujuan, dan strategi untuk  mewujudkannya.

Terdapat lima kebutuhan utama peserta didik agar adaptif dalam kehidupan di Abad 21 adalah (1)  memiliki karakter yang mudah diarahkan dan dapat mengembangkan potensi diri  sehingga menjadi pribadi yang mandiri

(2) menguasai materi pelajaran  yang ditandai dengan keterampilan dalam penguasaan data, fakta, informasi, konsep, prinsip, prosedur, dan merumuskan kesimpulan

(3) memiliki keterampilan belajar, peserta didik terampil menerapkan pengetahuan  dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, menerapkan ilmu pengetahuan dalam situasi baru, menganalisis informasi, menggagas ide baru, berkomunikasi, berkolaborasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.

(4) penggunaan teknologi sebagai perangkat belajar, terampil menggunakan teknologi infomasi dan komunikasi (4)  sesuai dengan konteks, peserta didik memperoleh pengalaman belajar  yang relevan kekbutuhan hidup di dunia yaitu, pada tingkat lokal, nasional, maupun global hingga kehidupan di akhirat

(5) memperoleh penilaian dengan instrumen yang mengukur keterampilan pada abad ke-21, instrumen otentik yang menantang siswa dapat berinovasi.

Kepala sekolah pada abad 21 mendapat tantangan yang sangat kompleks dalam memfasilitasi guru, mengasah kemampuannya  dalam menguasai materi dan mengembangkan potensi  pserta didik  agar:

  • Melek teknologi dan  informasi
  • Terampil berkolaborasi, kompromis, dan membangun kerja sama tim.
  • Terampil berkomunikasi yang didukung dengan keuatan daya baca, menulis, mengekspesikan pikiran melalui berbagai media untuk berbagai orang.
  • Kreatif dan inovatif,  terampil mengeksplorasi imajinasi, menemukan gagasan baru, serta memperbaharui ide pribadi secara berkelanjutan.
  • Terampil menggunakan ilmu pengetahuan dan informasi terbaru untuk memcahkan masalah.
  • Mendemostrasikan berwawasan global, smembangun kapasitas diri di luar kelas, menjadi pribadi yang berdisiplin, memiliki daya inisitif yang tinggi, serta bertanggung jawab terhadap pribadi kepentingan bangsa.

 

Lebih Lanjut, Disampaiakan oleh Tim Penilai Drs. Umarul Faruq, M.Si Bahwa Semua element Harus dibekali dengan Ilmu, Jangan Merasa Jadi Sudah Jadi Guru Lantas Trus enak – enakan tidak Mau belajar sehingga ilmu yang dimiliki Kurang, dan beliau Juga Menyampaikan apa Yang ada di tulisan salah satu kelas yang ada di SMP Darul Ulum 1 Unggulan Yang berbunyi..

Beliau Menyampaikan Bahwa Hadist di atas sudah pas, karena baik kita di dunia maupun di akhirat harus Memiliki ilmunya…

 

Sumber : http://gurupembaharu.com/home/rancangan-disain-kebijakan-pembinaan-kepala-sekolah/

Sumber : http://lppks.kemdikbud.go.id/id/kabar/penilaian-kinerja-kepala-sekolah

Bagikan artikel ini:
Mashudi, S.S, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Dengan Memanjatkan rasa syukur Alhamdulilah ke hadirat Alloh SWT atas karunia dan rahmat-Nya kepada kita, sehingga kita dapat melaksanakan amanah…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Media apa yang diinginkan untuk Informasi Sekolah..?

Hasil
Banner