You need to enable javaScript to run this app.

PERINGATAN NUZULUL QUR’AN 1445 H SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • SMPDU1
PERINGATAN NUZULUL QUR’AN 1445 H SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang

A. LATAR BELAKANG

Dalam menghadapi bulan Ramadhan, persiapan mental spiritual sangatlah penting terutama kemampuan dalam beribadah, sebagai bekal agar puasa yang kita laksanakan benar-benar berkualitas sesuai dengan arah tujuannya, yaitu menambah kedekatan hubungan kita dengan Allah SWT, dan mendapat predikat sebagai orang taqwa.

Ibadah pada bulan Ramadhan bukan hanya puasa, sholat, zakat, tetapi juga amal ibadah lainnya termasuk membaca Al-Qur’an. Terlebih lagi, pada 17 Ramadhan ada momentum besar yang selalu diingat oleh umat muslim, yaitu Nuzulul Qur’an waktu diturunkannya wahyu Al-Qur’an.

Peristiwa mukjizat tersebut tidak hanya menjadikan Al-Qur’an sebagai sesuatu yang amat istimewa melainkan juga menguatkan pemahaman kepada kita semua bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang begitu indah.

Di sisi lain, bulan Ramadhan adalah kesempatan diri untuk lebih sehat karena puasa melatih kita untuk teratur dalam mengkonsumsi makanan, mengontrol organ-organ pencernaan agar bisa istirahat, dan yang terpenting adalah menguatkan diri untuk mengontrol hawa nafsu.

Pada zaman yang canggih dan modern ini, kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan sangat penting dilakukan karena dapat membentuk diri seorang anak untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup di dunia wal akhirat.

Al-Qur’an adalah pedoman hidup, imam, serta petunjuk menuju jalan yang lurus. Namun pemahaman tersebut tiadaklah cukup bila kita sendiri tidak menjadikannya pedoman dalam menjalani hidup sehari-hari.

Tambah lagi sekarang ancaman media sosial semakin menjadi-jadi. Alhasil, sangat penting bagi kita untuk membentengi generasi muda untuk mencintai Al-Qur’an.

Bertolak dari permasalahan tersebut, kami selaku panitia berencana menggelar kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an untuk menggaungkan kembali nilai-nilai kecintaan terhadap kalamullah seraya menjadikannya bekal hidup di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, hingga keselamatan dunia akhirat.

 

B. Landasan Kegiatan

  1. QS. Al-An’am ayat 155

وَهَٰذَا كِتَٰبٌ أَنزَلۡنَٰهُ مُبَارَكٌ فَٱتَّبِعُوهُ وَٱتَّقُواْ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ.

Artinya:

Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat. [Al An'am:155]

 

  1. QS. Al-Hasyr : 21

لَوۡ أَنزَلۡنَا هَٰذَا ٱلۡقُرۡءَانَ عَلَىٰ جَبَلٖ لَّرَأَيۡتَهُۥ خَٰشِعاً مُّتَصَدِّعاً مِّنۡ خَشۡيَةِ ٱللَّهِۚ وَتِلۡكَ ٱلۡأَمۡثَٰلُ نَضۡرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمۡ يَتَفَكَّرُونَ.

Artinya:

Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir. [Al Hashr:21]

C. Judul Kegiatan

Tema kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an Ramadhan 1445 Hijriah yaitu: “ Menjadikan generasi milenial yang cinta Al-Qur’an dan meneladani Akhlaq Rasululloh SAW.”

D. Pemateri Kegiatan Nuzulul Qur’an

Dalam pelaksanaan kegiatan nuzulul qur’an, untuk materi yang di sampaikan oleh ustadz yang telah di tunjuk oleh paniatia peringatan nuzulul qur’an.

E. Peserta Kegiatan

Peserta dan sasaran kegiatan peringatan nuzulul qur’an 1445 H adalah para siswa dan siswi dan diikuti oleh bapak/ibu guru dan karyawan.

F. Tujuan Kegiatan

Tujuan dilaksanakannya kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an antara lain:

  1. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT
  2. Memberi motivasi keagamaan kepada anak- anak
  3. Meningkatkan kecintaan anak-anak terhadap Al-Qur’an
  4. Mempererat tali ukhuwah islamiah antar sesama muslim

G. Harapan dari sekolah

Dengan diadakannya kegiatan peringatan nuzulul qur’an sekolah berharap kepada generasi milenial, adanya lahir generasi qur’ani yang handal di masa yang akan datang, serta generasi milenial dapat semakin cinta dan sadar akan pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

H. Yang diinginkan oleh sekolah untuk kedepannya

Dengan di adakannya peringatan nuzulul qur’an untuk kedepannya sekolah menginginkan kepada semua siswa mampu memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam mewujudkan generasi milenial yang Qur’ani serta rohmatan lil’alamiin.

Bagikan artikel ini:
Mashudi, S.S, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Dengan Memanjatkan rasa syukur Alhamdulilah ke hadirat Alloh SWT atas karunia dan rahmat-Nya kepada kita, sehingga kita dapat melaksanakan amanah…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Media apa yang diinginkan untuk Informasi Sekolah..?

Hasil
Banner