You need to enable javaScript to run this app.

PRESTASI SMP DARUL ULUM 1 UNGGULAN SEMAKIN NAIK BERKAT PEMBELAJARAN STEM

PRESTASI SMP DARUL ULUM 1 UNGGULAN SEMAKIN NAIK BERKAT PEMBELAJARAN STEM

SMP Darul Ulum 1 Unggulan peterongan adalah salah satu sekolah yang menerapakan pembelajaran STEM dalam proses pembelajaran. Pembelajaran STEM yaitu pembelajaran yang menekankan Science, Technology, Engineering and Math dalam proses pembelajaranya. Pembelajaran STEM sangat bermanfaat untuk mencetak siswa menjadi generasi muda yang memiliki ketrampilan abad 21 meliputi 5C (complex problem solving, critical thinking,creativity, collaborative dan create). Dengan pemebalajaran STEM siswa diharapkan dapat berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari  dengan membuat projek.

Setelah menerapkan pembelajaran STEM selama 4 tahun SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan di bawah naungan Kepala Sekolah Mashudi, S.S,S.Pd dapat memancarkan prestasi pada tingkat Internasional. Siswa SMP Darul Ulum 1 Unggulan yang bernama Qurata Ayun Husnul Faudah, Najwa Premareta Kusuma, Quena Handels Putri Hermawan dengan Pembina Miftachul Rosadah, M.Pd  mendapatkan “silver medal” pada acara World Invenion Cometition and Exhibition (WICE) di SEGI University Kota Damansara Selangor, Malaysia pada hari Kamis tanggal 27 September 2022. Event tersebut diikuti oleh 344 tim mulai dari jenjang SD hingga Universitas dari 25 negara. Acara tersebut adalah kerjasama pemerintah Malaysia dengan Indonesia dan didukung Indonesian Young Scientist Association.

Terdapat 5 tema yang dilombakan pada acara tersebut yaitu applied life sciences, innovative social science, applied physics and engineering, enviromental sciences and robotics. Tema yang dipilih siswa SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan yaitu Applied Physial and Engineering .Siswa tersebut membuat karya mesin penetas telur bebek tenaga surya berbasis Internet of Things (IoT). Tujuannya agar peternak mampu menetaskan telur di dalam inkubator  dengan memanfaatkan tenaga surya tanpa menggunakan listrik, sehingga mampu menghemat energy dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Selain itu, melalui IoT, setiap peternak mampu mengontrol kinerja mesin hanya dengan handphone masing-masing, dimana saja dan kapan saja

Prestasi yang diraih oleh para siswa diharapkan mampu membuat siswa-siswa SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peteronagan berfikir kritis, inovatif dan kreatif dalam menghadapi sebuah permasalahan, serta mampu mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian ilmiah agar menjadi generasi yang handal (Tegas Kepala Sekolah SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan).

Bagikan artikel ini:
Mashudi, S.S, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Dengan Memanjatkan rasa syukur Alhamdulilah ke hadirat Alloh SWT atas karunia dan rahmat-Nya kepada kita, sehingga kita dapat melaksanakan amanah…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Media apa yang diinginkan untuk Informasi Sekolah..?

Hasil
Banner