You need to enable javaScript to run this app.

FINAL & FESTIVAL STEAM TAHUN 2024

  • Selasa, 16 Januari 2024
  • SMPDU1
FINAL & FESTIVAL STEAM TAHUN 2024

      Pembelajaran STEAM adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang Science, Technology Engineering, Art dan Mathematics. Pembelajaran ini telah diterapkan di SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan sejak Tahun 2018. Pada hari Rabu, 10 Januari 2024 sekolah menyelenggarakan Final dan Festival STEAM yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII.

      Acara tersebut dihadiri oleh Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum, Koordinator Bid. Kesra yaitu Bapak Drs. KH. Muh. Iqbal Hasyim dan Pengawas Pembina Sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bapak Saiful Amin, S.Pd, M.Pd. Deputi Direktur Program seameo Qitep In Science/SEAQIS Bandung Bapak Reza Setiawan, M.T juga ikut serta memberikan sambutannya.

      Tujuan diadakan kegiatan Final dan Festival STEAM ini adalah untuk memberikan pembelajaran dengan pendekatan dalam bidang Science, Technology Engineering, Art dan Mathematics kepada para peserta didik. Selain itu, pembelajaran ini diharapkan agar pemahaman tentang STEAM dapat meningkat dan akhirnya dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari serta untuk membekali generasi emas 2045 untuk menjawab tantangan yang dihadapinya dengan soft skills dan hard skills yang telah dipelajari di sekolah.

      Dari seluruh hasil produk STEAM  kelas VIII ini, terpilih 10 peserta terbaik yang terdiri atas 5 siswa putra dan 5 siswa putri.

Untuk kategori siswa putra di hasilkan, Juara 1: Hafizudin Ahmad M. kelas VIII.9 (Project: Miniatur Pemadam Kebakaran dengan Sensor Api) project ini bermanfaat untuk medeteksi keberadaan api, sehingga dapat meminimalisasi terjadinya kebakaran.

Juara 2: M. Filza Ardiansyah kelas VIII.8 (Project: Desaign 3D Minicraft) Project ini adalah desaign engineering pada maket yang divisualisasikan dalam bentuk games minicraft sehingga dalam games tersebut kebermanfaatan nya adalah sebagai sarana proses belajar mendesaign suatu karya.

Juara 3: M. Dzulfikar Azizi kelas VIII.8 (Project: Rumah Mandiri Energi) yaitu sebuah desaign engineering yang memanfaatkan panel surya sebagai sumber cahaya, hal ini bisa menghemat sumber energy listrik.

Juara Harapan: 1 Celwin Dhia J.Y kelas VIII.11 (Project: Energi Terbarukan Penyiram Tanaman) yaitu alat penyiram tanaman yang memanfaatkan panel surya dalam pengoprasiannya.

Harapan 2: Akmal Raditya kelas VIII.10 (Project: Miniatur Menara Pengawas Kebakaran dengan Sensor Pendeteksi Awal) Project ini memanfaatkan sensor untuk pendeteksi dini ketika ada api sehingga meminimalisasi terjadinya kebakaran.

Sedangkan untuk kategori siswa putri adalah di putuskan :

Juara 1: Shalaisya Nabila kelas VIII.1 (Project: Boba Ubi Yummy) yaitu Inovasi Boba dari ubi ungu sebagai minuman sehat bebas penambahan gula.

Juara 2: Janeeta Abriana M. kelas VIII.3 (Project: Pembersih Udara) pengganti air purifier dalam pembersih udara yang ramah lingkungan

Juara 3: Avrilanasya Putri kelas VIII.2 (Project: Maket PLTA dan PLTS) Project ini memanfaatkan energy kinetik, energy matahari dan air untuk menggerakkan generator sehingga menghasilkan listrik.

Harapan 1 Laveda Aqila kelas VIII.6 (Project: Pemanfaatan Petai Cina sebagai Kopi) Project ini mencoba pengganti biji kopi yang tidak mengandung kafein dan banyak manfaatnya untuk kesehatan dengan biji Petai China..

Harapan 2 Siti Halimah kelas VIII.5 (Project: Alat Jemur Baju Otomatis dengan Sensor Hujan) yakni desaign alat penjemur baju otomatis yang menggunakan software draw.IO sehingga ketika hujan datang, penjemur baju akan otomatis yang menggunakan software draw.IO sehingga ketika hujan datang, penjemur baju akan otomatis menggeserkan kawatnya ke dalam ruangan.

      Dari 10 peserta terbaik tersebut tentunya tidak lepas dari campur tangan pembimbing/pembina yang telah berkontribusi memberikan pendampingan selama proses perencanaan, pembuatan dan finishing.  Harapan ke depan untuk pengembangan kegiatan ini, SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan ingin mewadahi siswa/sisiwi SD/MI dalam kemampuan STEAM dengan diselenggrakannya beberapa lomba antara lain lomba roket air dan lomba mobil-mobil an tenaga surya.

Bagikan artikel ini:
Mashudi, S.S, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Dengan Memanjatkan rasa syukur Alhamdulilah ke hadirat Alloh SWT atas karunia dan rahmat-Nya kepada kita, sehingga kita dapat melaksanakan amanah…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Media apa yang diinginkan untuk Informasi Sekolah..?

Hasil
Banner