You need to enable javaScript to run this app.

PELATIHAN YOUNG RESEARCH 2024 OLEH KEMENDIKBUDRISTEK RI SABTU - AHAD, 17 S.D 18 FEBRUARI 2024

  • Selasa, 20 Februari 2024
  • SMPDU1
PELATIHAN YOUNG RESEARCH 2024 OLEH KEMENDIKBUDRISTEK RI SABTU - AHAD, 17 S.D 18 FEBRUARI 2024

Dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dan pendidik dalam bidang research/penelitian serta karya ilmiah maka SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang menyelenggarakan Pelatihan Young Research 2024. Kegiatan ini merupakan amanat dari Kemdikbudristek RI dalam Raport Pendidikan agar sekolah meningkatkan kemampuan Literasi dan Numerasi Pendidik dan Peserta didik.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu – Ahad, 17 s.d 18 Februari 2024 yang diikuti oleh 15 Guru dengan mata Pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan TIK serta 20 siswa/siswi kelas VII dan VII. Total keseluruhan peserta Pelatihan Young Research ada 35 peserta.  Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para peserta dapat mengasah   kemampuan/skill dalam menemukan solusi serta jawaban dalam suatu masalah-masalah yang ditemui/dihadapi dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan sekolah. Dalam pelatihan tersebut, para peserta juga dilatih untuk mengembangkan kemampuan menemukan informasi dari berbagai sumber, berfikir kritis, menulis laporan, serta mempresentasikan hasil temuan mereka. Selain itu, diharapkan peserta didik mampu memecahkan masalah dengan tepat menggunakan Design Thinking serta mampu mempresentasikan hasil dari Design Thinking tersebut. 

Adapun narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Kemdikbudristek RI Antara lain Bpk Dr. Drs. Evi Supandi, M.Pd, Ibu Utari Akhir Gusti, S.Pd., M.Pd, dan Bpk Andi Amri, S.E., M.M. Dalam sambutannya Bpk Dr. Drs. Evi Supandi, M.Pd menjelaskan bahwa Kemdikbudristek sangat mendukung dan berterima kasih akan terselenggarakannya kegiatan ini, karena secara otomatis program ini membantu pemerintah dalam usaha meningkatkan kemampuan Pendidik dan Peserta didik khususnya dalam bidang research, science dan technology.

Di sisi lain, Bapak Mashudi S.S, S.Pd selaku kepala sekolah mengatakan bahwa pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi peserta didik saat berada di bangku sekolah tetapi juga akan bermanfaat saat anak-anak terjun di masyakarat serta memiliki alur dan tujuan pendidikan ke jenjang berikutnya. Kedepan diharapkan para peserta didik dapat mengikuti lomba-lomba Research di tingkat nasional maupun internasional dan meraih juara di banyak kompetesi Internasional.

Drs. Ahmad Ismail, selaku pengawas pembina dari Pondok Pesantren darul Ulum Jombang mengatakan bahwa cepat atau lambat SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan harus bisa mengadakan MoU dengan Kemdikbudristek dalam pengelolaan dan pembinaan pendidik dan peserta didik dalam bidang Research/penelitian dan Karya Ilmiah.

Bagikan artikel ini:
Mashudi, S.S, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Dengan Memanjatkan rasa syukur Alhamdulilah ke hadirat Alloh SWT atas karunia dan rahmat-Nya kepada kita, sehingga kita dapat melaksanakan amanah…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Media apa yang diinginkan untuk Informasi Sekolah..?

Hasil
Banner